Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Rabu, 20 September 2017

10 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

Apakah Anda pernah mengalami flu dalam jangka waktu yang lama? Berhati-hatilah, karena mampu jadi itu ialah gejala penyakit sinusitis. 

Sebagian penderita penyakit ini, tidak menyadari bahwa ia sedang mengidap penyakit berbahaya ini. Karena gejala penyakit sinusitis hampir menyerupai dengan gelaja flu biasa.

Untuk mengatasi rasa khawatir Anda mengenai informasi penyakit sinusitis, kami akan menunjukkan informasi lengkapnya, mulai dari :

  • Apa itu Sinusitis
  • Bagaimana gejala penyakit sinusitis
  • Faktor penyebab penyakit sinusitis, dan
  • Bagaimana cara mengobati penyakit sinusitis


Cara Mengobati Penyakit Sinusitis Secara Alami dan Medis


Apa itu sinusitis?

Sinusitis ialah kondisi dimana rongga sinus kita mengalami peradangan. Peradangan ini mampu disebabkan oleh banyak sekali hal diantaranya, akhir iritasi atau alergi terhadap materi kimia yang masuk melalui hidung yang diikuti dengan kumpulan basil serta virus.

Keadaan menyerupai inilah yang paling wajar menyebabkan seseorang terkena penyakit sinusitis. Informasi mengenai penyabab sinusitis, dapat Anda baca pada paragraf selanjutnya.

Sinus ialah salah satu organ dalam sistem pernapasan, biasanya sinus ini berisi udara, hanya saja kalau sinus tersumbat oleh cairan yang berisi kuman, maka kuman ini yang akan menjadikan nanah pada organ sinus.

Parahnya lagi bukti berbicara bahwa orang yang menderita penyakit sinus disebabkan akhir flu berkepanjangan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Bisa jadi flu tersebut awalnya dikarenakan alergi terhadap bubuk atau hanya polusi udara biasa. Sebenarnya organ sinus ini memiliki fungsi untuk meringankan tulang tengkorak.

Tapi kalau terjadi duduk perkara pada organ ini maka akan terjadi kelainan yang menyebabkan sinus tidak mampu berfungsi sebagaimana mestinya.


Gejala Penyakit Sinusitis

Ada beberapa catatan yang perlu Anda ketahui yang menjadi gelaja awal seseorang menderita penyakit sinusitis. Apa saja gejala yang biasa dirasakan oleh penderita ? Simak informasinya dibawah ini.

1. Sakit kepala
Yang dirasakan oleh penderita sinusitis pertama kali ialah sakit kepala yang tak kunjung sembuh. Kepala terasa berat dan mengganggu acara Anda.

2. Napas yang bau
Parahnya lagi gejala yang disertai dengan sakit kepala ini juga menyebabkan napas kita menjadi anyir yang tidak sedap. Bila kita berbicara atau mengeluarkan napas akan tercium aroma yang tidak sedap.

3. Demam
Orang yang menderita sinusitis diawal juga akan mengalami keadaan demam, kadang suhu naik dan kadang suhu turun tidak menentu.

4. Nyeri diwajah
Karena sinus merupakan salah satu organ yang berada disekitar wajah, maka kalau terjadi duduk perkara dengan organ ini wajah pun akan terasa nyeri dan menyerupai ada yang sakit.

5. Hidung tersumbat
Yang paling umum mampu dirasakan oleh penderita sinusitis ialah hidung yang sering tersumbat. Biasanya hidung tersumbat terjadi pada dikala kita tidur atau disaat bangkit tidur.

6. Batuk
Batuk juga menjadi gejala awal seseorang yang mengalami penyakit sinusitis, biasanya orang tersebut akan mengalami batuk kering atau mampu juga mengalami batuk berdahak.

7. Keluar lendir dari hidung
Dan yang terakhir ialah keluarnya lendir berwarna hijau pekat dari lubang hidung selama kurun waktu yang lama. Bahkan hal ini juga mengurangi daya penciuman kita. Disisi lain kita juga akan mencicipi area mata menyerupai gatal-gatal, kemudian disertai dengan bersin dan mencicipi sakit ketika menelan makanan.


Penyebab Penyakit Sinusitis

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyebab utama yang mampu menjadikan Anda terkena sinusitis. Anda pun harus waspada dengan satu hal ini. Apa saja yang mampu memicu seseorang terkena sinusitis? Simak informasinya dibawah ini.

1. Udara kotor
Hindarilah udara kotor, karena dalam udara kotor terdapat banyak kuman, mulai dari bakteri, jamur sampai virus yang mampu saja membuat akses sinus kita terinfeksi sehingga membuat akses sinus sakit dan menyebabkan kita menderita penyakit sinusitis ini.

2. Alergi
Bila Anda alergi terhadap suatu barang, makanan atau hewan, berusahalah untuk segera menerima obat yang mampu menyembuhkan alergi tersebut. Bila Anda membiarkan keadaan ini terjadi, kemungkinan Anda akan mengalami pilek dan flu sehingga membuat akses sinus Anda tidak sehat.

3. Infeksi sinus
Dan inilah akhir ketika kita menghirup udara kotor atau terkena alergi. Kuman akan menginfeksi organ sinus sehingga sinus ini akan mengeluarkan cairan menyerupai lendir. Ada baiknya kalau Anda menjaga kesehatan organ sinus yang memang bermanfaat untuk kita.

4. Flu menahun
Waspadalah terhadap flu menahun, biasanya orang yang flu selama waktu yang lama disertai dengan batuk dan pilek mampu menyebabkan seseorang terindikasi penyakit sinus. Apalagi kalau keluar cairan lendir berwarna hijau pekat. Untuk itu, jangan anggap remeh penyakit, sekalipun itu hanya flu biasa. Mengobati penyakit flu sedini mungkin, akan menjadi tahap pencegahan terbaik baik Anda.


Tips Mencegah Penyakit Sinusitis

Setelah mengetahui beberapa hal menyerupai gejala dan penyebab penyakit sinusitis, maka sekarang saatnya Anda melaksanakan pencegahan dengan cara-cara dibawah ini.

  1. Hindarilah minuman bersoda, teh dan minuman dingin. Karena minuman tersebut mampu memicu keadaan sinus Anda yang terinfeksi semakin parah.
  2. Anda juga mampu menggunakan humadifier yang berkhasiat untuk menjaga kelembapan kamar untuk mengurangi resiko terkena sinusitis.
  3. Olahraga rutin yang mampu menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh biar Anda terhindar dari penyakit sinusitis, utamakan acara olahraga diluar ruangan meskipun Anda melaksanakan olahraga ringan.
  4. Anda mampu juga melaksanakan teknik sederhana dengan menghirup minyak kayu putih atau minyak angin yang mengandung aroma terapi. Selain itu jangan lupa untuk mandi dengan air hangat dan kalau Anda kedinginan Anda mampu mengompres tubuh dengan air hangat pula.

Cara sederhana diatas mampu menghindarkan diri Anda dari penyakit sinusitis yang mampu membuat Anda merasa tidak nyaman.


Cara Mengobati Penyakit Sinusitis secara Tradisional

Selain dengan melaksanakan cara-cara diatas, Anda juga dapat melaksanakan cara dibawah ini untuk mengobati penyakit sinusitis tanpa operasi, melainkan dengan menggunakan bahan-bahan alami.


  1. Lidah buaya
    Anda mampu minum sari ldah buaya untuk mengurangi nanah akhir peradangan di organ sinus. Pilih pengecap buaya yang bersih, basuh dan potong menjadi beberapa episode untuk kemudian di rebus dan Anda minum airnya.
  2. Daun sambiloto
    Orang jawa pasti sangat populer dengan daun jenis ini. Daun sambiloto mampu mengobati sinusitis secara perlahan, caranya ialah dengan mengonsumsi air rebusan sambiloto setiap hari satu kali.
  3. Gurah
    Anda juga mampu melaksanakan teknik alternatif pengobatan ini, inti dari perawatan ini ialah dengan mengeluarkan cairan dari hidung. Bila Anda rajin melaksanakan pengobatan alternatif ini maka sinusitis pun mampu sembuh secara perlahan.
  4. Minyak kayu putih
    Seperti yang dijelaskan diatas bahwa cara yang paling mudah untuk mengobati sinusitis ialah dengan menghirup minyak kayu putih yang dicampurkan dengan iar hangat. Lakukan relaksasi ini setiap hari sekali untuk mengurangi keluarnya lendir.


Penanganan Penyakit Sinusitis secara Medis

Ada cara medis yang lebih modern untuk Anda yang ingin melaksanakan pengobatan sinusitis. Untuk lebih jelasnya simak informasi dibawah ini.


  1. Konsultasi ke dokterPeriksalah ke dokter seorang hebat THT yang mengerti mengenai kasus nanah sinusitis. Karena pengobatan yang paling aman ialah melalui pengobatan medis, sehingga Anda mampu mendapat santunan pribadi yang diadaptasi dengan kondisi Anda dikala itu.
  2. Obat Sinusitis
    Anda mampu mengonsumsi obat paracetamol dan dekongestan yang mampu membunuh virus penyebab nanah sinus, sedangkan untuk Anda yang terkena nanah sinus akhir bakteri, Anda mampu menggunakan obat antibiotik.

    Antibiotik yang sering digunaan pun menyerupai amoxilin, cefactor dan contrimoxazole yang diadaptasi dengan jenis bakterinya. Ingat konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.


Ingat selalu untuk melindungi hidung dengan masker dan gunakanlah helm kalau Anda sering berkendara dijalan. 

Tags :

Related Post : 10 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar