Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Selasa, 08 September 2015

5 Penyebab Penuaan Dini Pada Wajah

PENUAAN DINI-Penyebab penuaan dini dipengaruhi oleh banyak hal. Setiap orang berharap memiliki wajah yang selalu tampak cerah dan muda, akan tetapi bagaimanapun juga tua akan tetap mengahampiri. Penuaan dini adalah kulit wajah yang nampak lebih tua dibandingkan dengan usianya. Maka dari itu harus ada cara mengatasi penuaan dini pada kulit wajah sehingga penuaan dini dapat dihindari.

Sebelum mengetahui penyebab dari penyebab penuaan dini pada wajah sebaiknya mengetahui ciri-ciri penuaan dini. Penuaan dini ditandai dengan adanya keriput pada ujung mata, flek hitam pada wajah, kulit wajah terasa kasar, pori-pori membesar dan lingkar hitam pada kantung mata. Itulah tanda-tanda yang perlu diketahui mengenai penuaan dini. 
Banyak hal yang mempengaruhi penyebab penuaan dini pada pria maupun wanita. Faktor penyebab penuaan dini berasal dari internal maupun eksternal. Untuk lebih jelasnya simaklah beberapa penjelasan berikut mengenai penuaan dini pada wajah:

5 Penyebab Penuaan Dini Pada Wajah

1. Depresi
Setiap manusia memiliki permasalah dalam hidupnya, yang membedakan manusia satu dengan yang lainnya adalah cara menyelesaikan masalah tersebut. Masalah yang berkepanjangan dan tidak menemukan jalan keluar membuat seseorang menjadi tertekan. Stres yang berkepanjangan membuat sel-sel dalam tubuh terganggu salah satunya dapat menyebabkan kematian sel. Matinya sel dalam tubuh mempercepat penuaan dini terutama pada kulit wajah dan rambut. Selain itu, stres akan mempengaruhi kualitas tidur sehingga menyebabkan gangguan kesehatan dan membuat konsentrasi berkurang. Manajemen stres sangatlah penting supaya tidak berdampak buruk pada kesehatan yang mengakibatkan penuaan dini pada wajah.

Baca juga : 5 Cara Memutihkan Wajah yang Alami dan Cepat Tanpa Efek Samping

2. Minuman beralkohol
Dari segi apapun minuman beralkohol memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Mungkin dampaknya tidak bisa dirasakan secara langsung tetapi bisa dirasakan dalam jangka panjang. Tetapi tidak menutup kemungkinan dapat mendapatkan dampak buruk dalam jangka pendek. Minuman beralkohol menyebabkan penuaan dini pada wajah dikarenakan adanya penmpukan zat-zat yang beracun pada kulit. Sehingga menyebabkan kerusakan kulit wajah.

3. Begadang
Beberapa orang suka begadang sehingga memiliki jam tidur yang sedikit. Kurang tidur menyebabkan salah satu faktor penuaan dini. Apabila seseorang kurang tidur maka kelenjar pituitari tidak dapat bekerja dengan maksimal. Padahal kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan hormon pertumbuhan. Apabila hormon pertumbuhan ini terganggu dapat menyebabkan jaringan tubuh dan jaringan kulit tidak dapat diperbaharui. Sehingga menyebabkan penuaan dini karena Pemulihan jaringan kulit yang rusak tidak terpenuhi dengan baik.

4. Merokok
Merokok sudah menjadi kebiasaan baik kaum laki-laki maupun perempuan. Tahukah?bahwa kebiasaan merokok dapat menjadi penyebab penuaan dini pria maupun wanita. Bandingkan saja wajah seorang perokok dengan yang tidak merokok, pasti akan lebih muda dan cerah yang tidak merokok. Merokok meyebabkan garis-garis pada wajah terutama disekitar mulut. Merokok dapat mengurangi kandungan vitamin C pada tubuh. Kekurangan vitamin C akibat merokok meyebabkan produksi serat kolagen terganggu. Padahal kolagen menjadi peranan penting dalam elastisitas kulit dan kesehatan kulit.

5. Genetik
Salah satu penyebab penuaan dini adalah karena faktor genetik. Orang tua yang mengalami penuaan dini akan menurunkan gen terhadap anaknya yang menyebabkan penuaan dini pada anak. Akan tetapi tidak semua anak memiliki orang tua yang mengalami penuaan dini mudah mengalami penuaan dini. Tergantung dari kode genetik mana yang lebih dominan.

Demikian 5 Penyebab penuaan dini pada wajah yang harus diperhatikan dengan baik. Apabila sudah mengetahui penyebabnya sebaiknya penyebab-penyebab yang bisa dihindari harus ditinggalkan sehingga penuaan dapat dihindari karena mencegah penuaan dini itu lebih baik sebelum terlanjur.

Tags :

Related Post : 5 Penyebab Penuaan Dini Pada Wajah

0 komentar:

Posting Komentar